Rabu, 15 Oktober 2014

5 Tanda Anda Bekerja di Lingkungan Kantor Yang Beracun

Kantor yang ‘beracun’ bisa membuat produktivitas kerja Anda terganggu. Berikut ini adalah lima tanda yang menunjukkan Anda berada di lingkungan kantor yang beracun.

1. Atasan dengan mood berubah-ubah

Di satu waktu, bos Anda bisa memuji hasil kerja Anda. Tapi di waktu lainnya, dia bisa marah besar karena Anda melupakan satu detail kecil dalam pekerjaan.

Mood sang atasan pun tampaknya sering berubah-ubah, sehingga Anda bingung harus bersikap seperti apa setiap harinya.

Tentunya ini bukan lingkungan bekerja yang bisa membuat Anda nyaman. Namun, jika Anda terjebak dalam situasi demikian maka Anda harus pintar membaca situasi.

Saat si bos mengalami mood buruk, tarik napas dalam-dalam dan coba jaga jarak.

2. Manager Anda pilih kasih

Hal ini sebenarnya tak bisa dihindari di lingkungan kerja. Sikap pilih kasih atasan mungkin terjadi, karena dia merasa karyawan tersebut lebih berkomitmen pada pekerjaan.

Tapi kebiasaan pilih kasih ini tentu saja bisa menimbulkan rasa cemburu antar rekan kerja.

Jika Anda yang menjadi karyawan kesayangan, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempromosikan rekan kerja yang lain, sehingga jangan cuma Anda yang mendapat pujian.

Sedangkan apabila Anda bukan ‘anak kesayangan’ si bos, maka cobalah untuk memulai percakapan dengannya dan jalin hubungan yang lebih dekat dengan atasan. Tunjukkan kemampuan Anda di depan si dia dan minta saran untuk mengevaluasi hasil kerja Anda.

3. Budaya kerja yang buruk

Salah satu penyebab dari ketidakbahagiaan dalam bekerja adalah budaya kerja atau budaya perusahaan yang buruk, menurut Katherine Crowley, penulis buku Working for You Isn’t Working For Me, seperti dilansir Dailyworth.


Budaya kerja yang buruk, seperti saling menjegal rekan kerja, memiliki kelompok eksklusif, politik kantor, dan lainnya bisa membuat Anda sulit fokus pada pekerjaan.

Untuk menghadapi situasi ini, yang Anda perlukan adalah sikap positif dan profesional. Jika masih belum berhasil juga, Anda bisa membicarakan masalah yang Anda hadapi ke atasan atau bagian HRD.

4. Tak ada tanggung jawab

Tentunya akan sangat membuat frustrasi ketika Anda kehilangan klien potensial atau tidak dapat memenuhi deadline.

Lebih parahnya lagi, semua orang dalam tim kerja Anda malah sibuk saling menyalahkan, bukannya berpikir bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut.

Kantor di mana para pekerjanya tak memiliki tanggung jawab akan pekerjaannya, bisa menghasilkan lingkungan kerja yang negatif, bukan hanya secara internal tapi juga secara eksternal.

Klien bisa tidak percaya pada kemampuan perusahaan dan antara rekan kerja pun bisa timbul rasa saling tidak percaya.

5. Geng di dalam kantor

Kantor sebenarnya tak berbeda jauh dengan sekolah. Anda mungkin sudah terbiasa dengan sekolah yang memiliki beberapa geng atau teman sepermainan.

Tapi geng di kantor bisa membuat suasana jadi tidak nyaman, karena bisa membuat orang yang tidak masuk ke dalam geng merasa terasingkan.

Selain itu, pekerjaan pun bisa menjadi tidak obyektif, karena setiap anggota geng akan membela anggotanya sendiri apabila terjadi kesalahan.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Salah satunya adalah bersikap terbuka dan ramah pada siapa saja. Jangan terpaku pada satu geng saja, tapi kenali semua rekan kerja Anda satu per satu.

Sumber: Kabar24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...